- See more at: http://de-adha.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-emoticons-smiley-jquery.html#sthash.T8Qwnjyg.dpuf
Posted by : de azha Wednesday 3 September 2014

OpenGL, C ++ dan GLUT menggunakan CodeBlocks dan MinGW

Di blog lama saya, CodieCode, saya menulis tutorial tentang cara mengatur OpenGL, C ++ dan lingkungan GLUT menggunakan CodeBlocks IDE dan compiler MinGW pada mesin Windows XP dan Vista. Ini adalah tulisan populer yang tampaknya untuk membantu beberapa orang. Namun kali bergerak, pembaruan perangkat lunak dan sistem operasi berubah. Aku telah memutuskan untuk memperbarui tutorial ini dengan Windows 7 (meskipun ini masih harus bekerja dengan baik di XP dan Vista) dan versi terbaru dari CodeBlocks dan MinGW. Semoga membantu :)

Saya ingin menambahkan bahwa jika Anda serius tentang OpenGL belajar, saya pikir itu adalah suatu keharusan bahwa Anda sudah memiliki "The Red Book" (OpenGL Panduan Pemrograman oleh Dave Shreiner). Anda dapat membelinya dari Amazon atau ke mana pun Anda biasanya membeli buku coding Anda. Either way itu adalah sumber daya yang fantastis untuk memiliki dan itu membantu saya berkali-kali di masa lalu.

---------

Jika Anda tertarik untuk coding di OpenGL dan C ++, cara yang bagus untuk memulai adalah dengan menggunakan GLUT. GLUT mengurus banyak kesulitan dalam mendirikan sebuah proyek OpenGL dan memungkinkan Anda memulai proyek Anda cepat dan mudah. Dalam tutorial ini saya akan memandu Anda melalui menginstal dan menyiapkan perangkat lunak yang Anda butuhkan (CodeBlocks, MinGW dan GLUT).

Sebelum Anda dapat mulai Anda akan membutuhkan beberapa hal:

Jendela - Aku telah memperbarui langkah-langkah di bawah ini untuk berjalan pada Windows 7, Windows XP dan Vista, Jika Anda mengatur untuk mendapatkan kerja ini pada sistem operasi lain, let me know :)

OpenGL - Aku tidak akan pergi ke cara menginstal OpenGL dalam tutorial ini karena kebanyakan orang akan menggunakan Windows XP atau yang lebih baru dan OpenGL datang siap di sistem operasi ini.

GLUT - Untuk men-download file-file GLUT Anda harus klik di sini dan download 'glut.zip'.

IDE (Integrated Development Environment) - Meskipun mungkin untuk menggunakan editor (seperti Notepad ++) dan makefiles. Saya menemukan cara termudah dan paling efisien untuk kode menggunakan IDE yang baik (hati-hati ada beberapa tidak begitu baik di luar sana IDE). Yang terbaik yang pernah saya jumpai adalah CodeBlocks (aku bukan penggemar menggunakan Visual Studio untuk OpenGL tetapi Anda dapat menggunakannya juga jika Anda ingin) dan itu IDE ini bahwa kita akan menyiapkan hari ini.

C ++ Compiler - Compiler saya akan menggunakan adalah MinGW, ada banyak keuntungan untuk menggunakan ini, tetapi saya tidak akan pergi ke ini di sini.

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai:

Langkah 1
Ambil CodeBlocks dan MinGW dari situs CodeBlocks. Pastikan untuk memilih installer biner (file exe) yang datang dengan compiler MinGW. Pada tulisan ini tutorial file yang Anda butuhkan adalah: 'CodeBlocks-10.05mingw setup.exe' (ditemukan dengan mengklik 'Download'> 'Download rilis biner').

Langkah 2
Download GLUT file Anda harus dengan mengklik di sini dan men-download 'glut.zip'

Langkah 3
Instal CodeBlocks dan MinGW dengan menjalankan file 'exe' Anda download pada Langkah 1 Instalasi default pilihan yang cukup.

Langkah 4
Ekstrak 'Glut.zip' file yang Anda download pada Langkah 2 dan lakukan hal berikut: -

Copy glut.dll ke dalam 'C: \ Windows \ System32' folder (Jika Anda menggunakan Windows 7 64-bit, Anda harus menyalin file ini ke 'C: \ Windows \ SysWOW64').

Copy glut.h ke dalam 'include \ GL' folder dalam folder compiler MinGW. Jika Anda menginstal CodeBlocks dan MinGW ke direktori default pada Langkah 3, folder ini akan menjadi 'C: \ Program Files \ CodeBlocks \ MinGW \ include \ GL'.

Copy libglut32.a ke folder 'MinGW \ lib'. Jika Anda menginstal CodeBlocks dan MinGW ke direktori default pada Langkah 3, folder ini akan menjadi 'C: \ Program Files \ CodeBlocks \ MinGW \ lib'.

Langkah 5
Sekarang Anda memiliki semua perangkat lunak yang diperlukan terinstal, anda dapat membuat OpenGL dan GLUT proyek baru. CodeBlocks memiliki opsi untuk membuat sebuah proyek GLUT saat membuat proyek baru, kita tidak akan menggunakan opsi ini saat ini meskipun karena saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk menghubungkan file Anda:

CodeBlocks Startup dan pilih 'File> New> Project ...', di jendela proyek baru pilih 'proyek kosong' dan klik tombol 'Go'.

Dalam wizard yang mengikuti tekan 'Next' untuk halaman pertama (yang menyambut Anda ke wizard) dan di halaman kedua masukkan nama judul proyek ke dalam textbox berlabel 'title Project:' dan meninggalkan yang lain 3 boks teks dengan standar mereka properti (Anda dapat mengubah ini jika Anda suka, itu upto Anda) dan klik 'Next'. Dalam wizard page akhir ini, pastikan bahwa 'GNU GCC Compiler' dipilih dalam kotak menu drop-down berlabel 'Compiler:', meninggalkan pilihan lain dengan pengaturan default mereka dan klik 'Finish'.

Setelah proyek Anda telah dibuat, klik kanan pada proyek di Workspace bingkai explorer di sebelah kiri layar dan pilih 'Buat Pilihan ...'. Dalam jendela ini opsi memilih nama proyek Anda di pohon di sebelah kiri jendela (jangan pilih baik Debug atau Release) dan buka tab 'Pengaturan Linker'.

Dalam tab ini, klik 'Tambah' tombol di bawah 'Link perpustakaan:' kotak teks dan dalam textbox sebelah 'File:' masukkan 'opengl32' (tanpa tanda kutip) dan klik 'OK'. (Lihat Gambar 1.1 bawah)


Gambar 1.1 - menambahkan 'opengl32' to linker

Lakukan hal yang sama lagi, kali ini memasuki 'glu32'. Dan sekali lagi memasuki 'glut32'. (Lihat Gambar 1.2 bawah)

 
Gambar 1.2 - pengaturan linker Anda akan terlihat seperti ini

Sekarang Anda memiliki setup proyek untuk OpenGL dan GLUT. Mari kita membuat program sederhana untuk memeriksa semuanya bekerja.

Langkah 6
Ambil mengenyangkan c file saya sederhana ++ dengan mengklik di sini dan men-download 'levelbylevel_glut_tutorial_main.zip'. Aplikasi ini akan menarik bola dinyalakan untuk jendela dengan latar belakang hitam.

Ekstrak file zip dan membuka file main.cpp di Notepad. Pilih semua teks dan klik 'Edit> Copy'

Dalam CodeBlocks pilih 'File> New> file ...', di jendela file baru pilih 'Empty File' dan klik tombol 'Go'. Dalam wizard yang terbuka pilih 'Next', kemudian masukkan 'main.cpp' untuk nama file dan klik 'Simpan'. (Lihat Gambar 1.3 bawah)

 
Gambar 1.3 - Masukkan 'main.cpp' untuk nama file

Beri tanda centang pada tickboxes sebelah 'Debug' dan 'Rilis' dan kemudian klik tombol 'OK'. (Lihat Gambar 1.4 bawah)

 
Gambar 1.5 - Pilih kedua debug dan release

Ini harus membuat file kosong baru. Sekarang klik 'Edit> Paste' untuk menyalin kode dari file di atas. Anda sekarang siap untuk mengkompilasi dan menjalankan. Cukup pilih 'Build> Build' untuk mengkompilasi, mudah-mudahan jika Anda mengikuti semua langkah di atas Anda seharusnya tidak membangun kesalahan. Untuk menjalankan pilih 'Build> Run'. (Lihat Gambar 1.5 bawah)


Gambar 1.5 - Sukses!

------

Saya baru saja pindah situs ke situs codeigniter bertenaga, sayangnya ini berarti saya kehilangan banyak banyak komentar yang ditinggalkan untuk tutorial ini dari waktu ke waktu itu sudah sampai. Saya sangat menghargai semua orang yang meluangkan waktu untuk menulis komentar dan umpan balik. Terima kasih banyak.

{ 3 comments... read them below or Comment }

FB LIKE

iklan

pengunjung 2

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 DE AZHA BLOGS -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -